Tahun 2016 Disnak Siapkan 4000 Dosis GBI

Jum`at, 21 Oktober 2016 admin General 186 Views
Tahun 2016 Disnak Siapkan 4000 Dosis GBI

Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Bima menyiapkan 4000 dosis untuk program Gerakan Birahi Induk (GBI) yang akan dilanjutkan tahun 2016 mendatang. program tersebut dilaksanakan di sejumlah sentra peternakan rakyat di Kabupaten Bima.

Kepala Disnak Kabupaten Bima, Ir Bachruddin, menyebutkan sejumlah wilayah yang menjadi sasaran program GBI yakni Kecamatan Madapangga, Donggo, Bolo dan Sanggar. Dari program tersebut diharapkan muncul para peternak profesional. “Sasaran program agar ternak yang lahir berkualitas dan populasinya lebih banyak,” kata Bachruddin kepada Berita11.com di Disnak, Senin (2/11).

Menurutnya, secara umum, 50 persen program GBI tahun 2015 telah sukses dilaksanakan di Kabupaten Bima. Dari 4000 dosis yang disiapkan, 2000 dosis di antaranya telah menghasilkan populasi ternak yang berkualitas. Bagi peternak yang menjadi sasaran program, diharuskan memiliki paling tidak dua ekor ternak betina.

Para peternak yang menjadi sasaran program akan dilatih menjadi peternak andal. Sasaran program sedikitnya 500 kelompok. Disnak juga menyiapkan program dewan perwakilan ternak. Di mana pengelolaan programm itu ada satu manager yang berpengalaman dan mampu membina kelompok. Dewan perwakilan ternak minimal mengelola 1000 ekor sapi.

“Pemerintah akan melakukan pengadaan padang pengembalaan, lahan untuk pelepasan ternak di Desa Oi Tui Kecamatan Wera. Bahkan itu sudah ditetapkan dalam SK Bupati Bima sebelumnya H Syafruddin. Termasuk untuk bantuan kambing dan sapi bersumber dari APBD,” kata Bachruddin.