Tugas Pokok dan Fungsi

Rabu, 2 November 2016

Isi Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Daeran Nomor 3 tahun 2008 tentang Pembentukan, susunan, Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bima (Lembaran Daerah Tahun 2008 Nomor 3, Tambahan Lembaran Daerah Tahun 2008 Nomor 03); memiliki tugas pokok membantu sebagian tugas Bupati dalam Penyelenggaraan sebagaian urusan Pemerintah Daerah dalam bidang Peternakan berdasarkan asas otonomi daerah.

Dalam hal ini tugas pokok tersebut merupakan diterjemahkan sebagai urusan Pemerintahan Kabupaten Bima dalam bidang Peternakan. Selanjutnya berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Bima Nomor 4 tahun 2010 tentang Rincian Tugas,Fungsi dan tata kerja Dinas Daerah Kabupaten Bima. Dinas Peternakan berkedudukan sebagai unsur pelaksana Pemerintah dibidang Pemerintahan, Pembangunan dan Sosial Kemasyarakat serta pada umunya dalam bidang Peternakan yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, serta berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui sekretaris Daerah dengan tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan sebagian tugas Penyelenggaraan sebagaian urusan Pemerintah Daerah dalam bidang peternakan berdasarkan asas otonomi daerah.

 Fungsi

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut di atas, Dinas Perternakan Kabupaten Bima mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan tehnis bidang Peternakan
  2. Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan dan Pelayanan Umum Bidang Peternakan
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang peternakan
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.